Ayo Snorkeling di Pulau Pahawang

September 02, 2017

Liburan kepantai nggak afdhol rasanya klo nggak snorkeling, apalagi pantai yang baru pertama kali kamu kunjungin. Yep!! Snorkeling di pulau pahawang pengalaman pertama buatku. Pantai ini memiliki keindahan alam yang nggak kalah dengan pantai yang ada diluar negeri dan kamu harus coba itu 😁




Nah kebetulan banget awal Agustus kemarin, teman kantor ngadain acara liburan dan liburannya itu ke Pulau Pahawang. Liburan ke Pulau ini sebenernya udah jadi list liburan bareng sama sepupu tapi karena suatu hal liburannya dipending dulu (doi ada kondangan, makanya batal dan aku pun lupa tanggal berapa liburannya 😔).

Sebenernya kami sampai Lampung itu pagi, tapi karena kita nunggu kloter kedua si Mr. Kim and the genks beserta Bos (Nama disamarkan 😝) jadi kita berangkat ke Pulau Pahawang itu siang hari. Tau nggak sih ke pantai siang-siang (tengah hari bolong) itu maleeees banget, selain panasnya terik yang bikin kulit jadi item seketika dan keburu ngantuk plus laper juga 😣L.





Tapi yang namanya liburan harus tetap semangat dong wkwkwk.. Berhubung sampai pulau ini siang aku kira langsung snorkeling gitu, soalnya kita udah pada ngambil peralatan untuk snorkeling dan kita juga naik perahu nyebrangin pulau. Ternyata kita mampir ke Pulau Pahawang Besar sebentar untuk ISOMA sebelum snorkeling. Dan sekarang waktunya apa hayooo?? Yep, waktunya “Ayo Snorkeling” jeng..jeng..jeng.. (hahaha 😄)


Pulau Pahawang ini memiliki lima lokasi snorkeling yang tidak boleh dilewatkan diantaranya ada Cukuh Bedil, Tanjung  Putus, Gosong Bekri, Gosong Pancong dan Taman Nemo. Ada banyak hal-hal unik yang bisa kamu jumpai pada saat snorkeling. Dan spot snorkeling yang kami kunjungi namanya Cukuh Bedil, spot ini memilki kedalaman 2-4 meter. Di sini, kamu dapat menikmati keindahan taman bawah laut dan ikan-ikan cantik. Selain itu, kamu juga bisa berfoto dibawah air dengan foreground plang bertuliskan “Taman Laut Pahawang” dan taman transplantasi terumbu karang.




Dari sekian banyaknya rombongan kita yang bener-bener ikut snorkeling cuma enam orang termasuk aku 😔, dan aku yang terakhir masuk kedalam air laut. Ternyata berenang dikolam renang sama di laut itu beda banget, sangking udah lamanya nggak snorkeling giliran baru masuk kedalam air langsung panik (bad habit 😢) mau lewatin kayu pembatas perahu aja nggak bisa.. air laut langsung masuk ke mata dan hidung, walaupun udah dibantu dua orang temen yang namanya lagi panik tetep aja mau dibujuk kaya apaan tau (disuruh pegang kayu perahu dulu, biar agak tenangan dikit dan nggak panik) tetep nggak mempan, berenang jadi nggak bisa dan kalimat yang keluar dari mulut “udah ah nggak mau, nggak bisa mau balik aja bareng Mba Lisa 😣” kebetulan temen juga mau balik ke kapal, jadi kita berdua muterin kapal cari tangga buat naik kapal. Nah saat tangganya udah ketemu dan Mba Lisa juga lagi naik kapal, eh si guide nya baru nyemplung ke air (dalem hati cuma bisa ngedumel “yaelaaaah mas! Baru nyemplung sekarang 😒).

Disini kan aku emang niat liburan kepantai untuk snorkeling klo aku balik kekapal jadi sia-sia dong (tarik napas yang dalam hembuskan.. tenang mi, tenaaaang.. Kamu bisa!), akhirnya aku balik lagi buat snorkeling, tapi bareng mamas guidenya hahahaha…











Sangking serunya liat ikan-ikan kecil yang lucu sama terumbu karang, sedikit demi sedikit paniknya mulai hilang kadang beberapa kali air laut masuk ke hidung dan mata tapi masih tetep dibantu sama guide-nya. Selama snorkeling nggak bisa jauh dari guidenya, takut kebawa arus wkwkwk. Pas mau istirahat sebentar karena kacamata renang kemasukan air lagi, dan sekalian mau liat posisi temen-temen yang lain ada dimana.. pas kacamata  dibuka, aku langsung cengo gitu dan reflect ngomong ke si Mas Guide-nya “Lah Mas, temen-temen saya pada dimana ya? Kok ga ada semua?” si Mas-nya dengan santai menjawab “itu ada disebelah sana..” (“itu disananya” ternyata jauh banget dari mereka dan kapal, untung cuma dibawa snorkeling bukan dibawa ke KUA bisa repot nanti 😔).



Sekedar tips aja nih buat kamu sebelum snorkeling selain makan sebaiknya kamu mempersiapkan kotak P3K (obat-obat, salep antiseptik, juga hal lain yang dibutuhkan untuk jaga-jaga aja) dan melakukan pemanasan terlebih dahulu, untuk meminimalisir kram pada kaki dan jangan panik pada saat kamu baru mulai menyelam (like me.. 😢). Kalo ditanya sama orang “kapok nggak snorkeling?”  aku akan jawab langsung “TIDAAAAAK!! Panik sih, takut sih.. tapi seru banget bisa liat ikan-ikan kecil dan terumbu karang”. Trus klo ada yang nanya lagi “Mau Balik lagi nggak kepulau pahawang?” aku pun akan jawab “Yaaa!! Karena aku explore spot snorkeling baru satu tempat doang (terbatasnya waktu), padahal masih banyak spot snorkeling yang belum sempat di explore dan kamu harus coba itu (promo dikit 😝)


makan malam dengan porsi sedikit tapi mahal :|
 

ini bukan kaki anak SD yah.. liat tuh nyampe kekursi depan
Jadi kita selesai snorkeling itu sore, dan mampir dulu di pulau buat foto-foto sama bikin vlog 😝hahaha.. pas kita lagi asik bikin video, tiba-tiba ada kejadian yang kurang mengenakkan dari salah satu temen kita dan mau nggak mau kita harus pulang. Kita balik dari pahawang abis maghrib, selama perjalanan menuju penginapan, kita cari makan-makanan seafood setelah itu baru kita menuju penginapan. Penginapan kita itu nggak jauh dari kantor cabang kita yang ada di lampung, nah setelah sampai penginapan dan beres-beres barang bawaan kekamar masing-masing. Dan kegiatan malam pun terpecah beberapa bagian ada yang lanjut karokean, ada yang berduaan main ikan nggak jelas, ada yang nyemil ampe ketiduran (sangking capenya kali yah.. hahaha), ada yang diem-diem keluar main, dan ada yang lebih milih tidur (me-recharge tenaga untuk balik ke jakarta besok pagi, nah yang ini aku banget wkwkwk).


You Might Also Like

2 komentar

Featured Post

Pengalaman Pertama Jadi Jastip Saat Travelling

Aku tau ada peluang usaha ini berawal dari plan liburan kita yang mendadak dan ada dua travelmate yang mengusulkan “daripada liburan kita c...

Imie's Friends

Instagram

Subscribe

Join Our Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!

We Respect Your Privacy | Get This Widget