Pengalaman Pertama Jadi Jastip Saat Travelling

Oktober 12, 2017

Aku tau ada peluang usaha ini berawal dari plan liburan kita yang mendadak dan ada dua travelmate yang mengusulkan “daripada liburan kita cuma bisa ngabisin duit, mending open Jastip (Jasa Titip) kan lumayan jualan sekalian liburan”.



Ada yang udah tau Jastip? Apa sih Jastip Itu? Gimana caranya jadi Jastip? Ini pertanyaan yang keluar saat aku mendengar kata “Jastip”, jujur aku baru tau jenis usaha ini. Nama jenis usaha ini adalah Jasa Titip beli barang. Mungkin sebagian orang yang belum mendengarnya akan terdengar aneh, tapi buat yang sudah tau, jenis usaha ini bisa dijadikan salah satu peluang usaha buat kamu. Jenis usaha Jasa Titip beli ini biasa orang menyebutnya sih Jastip, jadi biar gampang nyebutnya, kita singkat aja jadi Jastip yah.


Apa sih Jastip itu? Simpelnya, ada orang yang ingin membeli sesuatu seperti barang, makanan, minuman, skincare atau make up dan dia meminta kita untuk membelikannya. Nah, kita meminta biaya jasa kita membelikannya. Buat yang hobi travelling keluar negri, ini bisa jadi jenis usaha yang menguntungkan lho. Ibaratnya sambil menyelam minum air, selain kita bisa menyalurkan hobi travelling dan shopping (walopun shoppingnya itu jastip punya orang hahaha), kita juga bisa menjadi Jastip.






Nah untuk liburan kali ini aku, oma dan ulfa mencoba untuk pertama kalinya open PO Jastip Singapore – Kuala Lumpur berupa coklat, skincare dan make up. Bagi pemula seperti kita hasil dari PO Jastip cukup lumayan untuk tambahan oleh-oleh dan skincare untuk keperluan pribadi.




Bagi kamu yang mau jadi jastip seperti kita, ada tips nih buat kamu :

1. Survei


Cari tau barang apa saja yang akan dititipkan dan tempat mana saja yang akan dikunjungi. Sering-sering kunjungi web toko yang akan dikunjungi (jika ada), untuk mengecek harga dan barang-barang yang akan dititipkan. Kebetulan titipan aku untuk yang di Singapore itu hanya coklat, jadi tidak akan sulit dicari. Sedangkan titipan aku, Oma dan Ulfa yang di Kuala Lumpur Malaysia itu berupa Coklat, Skincare, dan Make up yang kebetulan memang, jarang dijual di Indonesia.

2. Informasi yang jelas


Kamu bisa menginformasikan ke teman-teman kamu dimulai seminggu sebelum keberangkatan, dengan batas waktu tertentu. Sehingga kamu bisa mencatat list pesanan, alokasi budget, memperkirakan jarak tempuh tempat belanja yang satu dengan yang lain dan memperkirakan waktu untuk belanja. Informasi tersebut bisa kamu lakukan melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Path, dan WA Story.  


Jika ada yang nanya kenapa kita hanya menyediakan jasa titipan berupa makanan, skincare dan juga make up? Alasannya sih simple banget karena jenis titipan tersebut relatif praktis dan mudah ditangani oleh kita bertiga. Pastikan juga kamu sudah memberikan informasi berupa syarat dan ketentuan pemesanan yang baik seperti harga, spesifikasi barang, estimasi kedatangan barang, dll.

3. Sistem pembayaran barang titipan


Usahakan buat kamu yang ingin menjadi jastip, jangan hanya bermodalkan kepercayaan saja yaaah nanti yang susah kamu sendiri. Apalagi barang yang dititipkan itu harganya cukup mahal, jadi sebaiknya kamu membuat sistem PO (Purchased Order). Dimana konsumen harus membayar DP (Uang muka) terlebih dahulu, atau bahkan membayar lunas barang pesanan tersebut.

4. Waktunya untuk shopping


Setelah kamu mencatat semua pesanan dengan lengkap, dan telah menyiapkan alamat tempat belanja yang akan kamu kunjungi, saatnya tentukan rute perjalananmu menggunakan google map atau aplikasi sejenis agar tempat yang akan dikunjungi searah dan tidak bolak balik. Pastikan juga untuk tidak menggangu travellingmu yaaah. Happy Shopping guys!!

5. Administrasi


Catat semua pesanan dengan baik, simpan semua bukti pembayaran untuk memudahkan kamu dalam menghitungnya.

Anyway, sudah ada yang pernah jadi Jastip? Jastip apa aja? Kalau ada tips yang belum aku sebutkan diatas, tolong kasih tahu dong di kolom komen yang ada di bawah. Thank you for reading!

You Might Also Like

11 komentar

  1. Halo, salam kenal! Sy jg tertarik nih pengen liburan skalian jastip, tapi masih khawatir dgn bea cukai . itu beli skincare sebanyak itu gapapa mba dibandaranya ?? Hehe ga dicurigai :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Riastika, salam kenal juga..
      Alhamdulillah Jastip pas liburan kemarin lancar dan waktu itu produk yang saya beli tidak melebihi USD 250. Sebagian barang sy keluarkan lebih dulu dari kerdus, sebelum dimasukkan kekoper dan sebagian lagi di ransel. Untuk urusan bea cukai aman, nah untuk kosmetik/skincare urusannya sama BPOM, ternyata kosmetik/skincare tanpa BPOM tdk boleh masuk indonesia meskipun harga murah dan ini sy baru tau dari teman, 2 minggu setelah selesai liburan. Jadi sebaiknya lebih berhati-hati lagi \(>_<)/

      Hapus
  2. jadi kepikiran jastip juga buat next trip wkwkwkwkwk, tapikayaknya kalau pergi minimal berdua kali ya :D

    BalasHapus
  3. Hi...menarik cerita jastipnya. jadi pengen ikutan juga. Bisa sharing kak,kalo mau jastip gt sistemnya gmn? apakah per barang dikenakan fee lg? Brang yg dijastip apakah sudah dikenakan fee jastip atau gimana ya?harga yg tertera? atau harga sesuai minta masukan dan infonya kak. thx

    BalasHapus
  4. mau tanya dong. Jadi yang jastip ke kamu itu harus DP dulu gitu ya?

    BalasHapus
  5. hai bagaimana caranya agar tidak kena sita/bea cukai?

    BalasHapus
  6. Boleh juga ya jadi jastip..ide yg bagus

    BalasHapus
  7. Iya, sering ke luar negeri dan dittitipin teman teman dan ketika dibelikan, ada aja alasan yang bilang nggak sesuai, bayar nanti dsb. bener ya kak, sebaiknya minta Dp atau sekalian lunas. biar ntra nagihnyanya nggak susah dan berbagai alasna lainnya.

    BalasHapus
  8. So far untuk mendapatkan "duit" dari jalan jalan masih Dari nulis di media cetak dan video perjalanan. belum kepikiran untuk jastrip. Next time cobain juga ahhh ... lumayan kan buat bawa oleh oleh juga profitnya. hihihi

    BalasHapus
  9. setujuuu.. aku pernah open PO pas ke jepang, untung bersih bisa buat beli tiket ke jepang lagi hehe.. produknya skin care ama tumbler starbucks aja, blm sampe ke sepatu dan tas, masi takut2 apalagi mengingat jatah bagasi heuheu (krn waktu itu pergi pas winter, jd koper penuh sama baju hangat)

    BalasHapus
  10. Hai Slam kenal...aqu jg LG mikirin mau buka usaha jastip nih..kebetulan aqu tinggal di Batam...makanny LG search di google...klo pemasaran ny gmna ya soalny aqu cuma pny ig aja...rencana ny aqu pergi sama suami qu soalny dia sering ke sebrang...nyambung gak sih pakai FB ny suami qu tuk pemasarannya...???

    BalasHapus

Featured Post

Pengalaman Pertama Jadi Jastip Saat Travelling

Aku tau ada peluang usaha ini berawal dari plan liburan kita yang mendadak dan ada dua travelmate yang mengusulkan “daripada liburan kita c...

Imie's Friends

Instagram

Subscribe

Join Our Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!

We Respect Your Privacy | Get This Widget